Lelang QOO10: Tidak siap jadi seller

image courtesy of amazon
Di Qoo10 ada fasilitas lelang. Seller bisa menjual barang dengan harga yang dia tentukan dan buyer berlomba-lomba memajang harga lebih tinggi dari yang lain supaya menang. Dari 4 lelang yang diikuti, ada satu seller yang entah kenapa tidak kunjung mengirimkan barang lelang yang sudah dibayar.

Seller tersebut namanya M*L** C********N (percuma nulis lengkap, dia bisa ganti nama). Dia melelang Cathy Doll Speed White CC Cream dan setelah berlomba-lomba memberi harga dengan buyer lain, harga yang didapat di eyke adalah Rp 54.500 (dengan shipping) untuk Cathy Doll Speed White CC Cream 50 gram.

QOO10 memiliki aturan yang mewajibkan pemenang lelang membeli si barang maksimal satu hari sesudah lelang. Tidak membeli maupun cancel akan menimbulkan "hukuman" pengurangan point bahkan di-banned dari lelang. Males bingit kena "hukuman", jadilah itu barang langsung dibayar di tanggal 13 Maret 2017.

Setelah bersabar gila-gilaan, mulai dong ya bertanya ke Live10 (CS QOO10). Sayangnya tak kunjung berbuah hasil, berkali-kali tanya hanya diminta sabar. Lalu lanjut tanya ke seller, nggak dijawab cyiiin. Tanya ke CS lagi malah disuruh eyke yang cancel. Ya kaliiiiii sini yang cancel, entar kena "hukuman" dong.

Akhirnya curhat via twitter dan bilang ke CS mereka bahwa uda twit tentang tersebut dan akan lanjut nulis di kaskus, blog, dan facebook (mustinya sekalian bilang nulis ke surat pembaca detik yak :p ). Keputusan akhirnya keluar, yang cancel adalah pihak QOO10 sendiri dan tidak ada "hukuman" ke buyer. Pertanyaannya: "Apakah seller kena hukuman?"

Btw... setelah menunggu 14 hari tanpa kepastian, ternyata si duit baru bisa dibalikin 14 hari kerja. Horeh banget yaaa.... duitnya ketahan 14 + 14 hari.. unlucky number 14!!!

Lelang yang satu lagi juga dari seller lokal dan masih belum ada perubahan status barang sudah sampai dalam waktu 3-4 hari. Sementara lelang yang dua lagi diselenggarakan oleh satu seller yang sama (The Aile), dia toko dari luar negeri. Sampai artikel ini ditulis, status barang dari The Aile sudah berubah menjadi "Shipping on delivery".

Intinya...... buat seller yang memajang barang di area lelang, relakan saja kalau harga barang kalian dinilai lebih rendah oleh peserta. Toh kalau cocok, mereka akan beli harga normal. Jangan belagak ikut lelang, selesai malah mangkir ngirim.



Comments

Popular posts from this blog

Lenovo Yoga Book: Beli, enggak, beli, enggak