Sie Jin Kwie Kena Fitnah


Ini pertama kalinya nonton penampilan Teater Koma yang sering jadi buah bibir. Sebenarnya, sebelum nonton Kitaro, Sie Jin Kwie ini tampil lebih dulu. Tapi, karena memang Kitaro yang bikin blog ini pengen dibuat, jadinya konser Kitaro tampil lebih dulu dibanding Sie Jin Kwie.

Sie Jin Kwie ini bercerita mengenai seorang raja muda yang dikenal bersih, setia dengan negara dan kaisar serta gagah berani tak kenal takut dan disegani di peperangan. Karena aksi Sie Jin Kwie, keluarga Biejin ketahuan boroknya lalu dieksekusi semua. Biejin yang menikahi Litocong, memendam dendam kesumat dan berjanji, Sie Jin Kwie harus mati. Biejin sendiri lolos dari eksekusi khas negara Cina yang biasanya melumat habis seluruh keluarga penjahat negara, karena Litocong adalah orang besar masih kerabat dekat raja.

Aksi licik pun digelar. Sie Jin Kwie dituduh memperkosa anak Biejin dan Litocong. Kaisar yang kalap mendengar keponakannya diperkosa Sie Jin Kwie, memerintahkan Sie Jin Kwie dihukum. Sayang seribu sayang, keponakan raja yang tahu dia dijadikan alat balas dendam memilih mati bunuh diri karena tak ingin namanya tercemar disebut diperkosa. Kalau saja dia masih hidup, dialah saksi kunci yang bisa membongkar konspirasi orang tuanya.

Memorable Scene
Panggung Wayang Tavip. Untuk adegan yang terlalu sulit/ mahal, Teater Koma punya layar khas wayang kulit lengkap dengan dalang yang bercerita. Keren! Ini bikin bayar satu tiket tapi nikmatin dua pertunjukan sekaligus, satunya wayang, satunya lagi teater.
Tarian Liukimhwa. Ada beberapa tarian dia yang lucu. Patah-patah kayak boneka tali. Nice! Latiannya pasti PR berat.
Pergantian Scene. Pergantian Scene adalah memorable scene? Ok. Kedengerannya mungkin aneh. Tapi emang keren sih. Dengan bantuan orang-orang berjubah ungu gelap (yap sometimes we can see the crew and yap me want the jubah) plus permainan cahaya dan tata panggung, mereka bisa ngebuat pergantian scene so seamless. Misal: Pas panggung sisi kiri disorot cahaya super terang, panggung sisi kanan gelap total. Perhatian kita teralih di kiri, sementara di kanan lagi beresin peralatan. Nggak keliatan sih beberesnya, tapi keren aja pas lampu kiri mati, lampu kanan nyala, di kanan uda beres.
Nyanyian Liukimhwa dan mantan kekasih Sie Jin Kwie. Panggungnya kebagi dua, satu untuk mantan kekasih, satunya lagi untuk istri tercinta. Inti adegannya sama. Keduanya diberi kabar tentang nasib malang Sie Jin kwie, lalu keduanya menyanyikan kekhawatiran mereka.

Pertunjukan teater yang dilakukan Teater Koma bukanlah semacam teater musical yang lagi ngetren sekarang-sekarang ini. Ada bagian-bagian saat tokoh menyanyi untuk menggambarkan perasaannya, tapi tidak semua kalimat diutarakan dengan nada. Hasilnya, kata-kata yang meluncur bisa ditangkap dengan jelas.

Sie Jin Kwie berlangsung dari tanggal 5 - 21 Februari 2011 di GBB - TIM. Harga tiket cukup terjangkau. Weekdays paling murah 30rb, paling mahal 100rb. Weekend paling murah 50rb, paling mahal 150rb. Tontonan bermutu nan manis dengan harga ekonomis.

Love the costume, I wish I could see the actors and actresses face much more clear. Need to buy binocular.

ps: gak boleh mengabadikan pertunjukan dengan kamera karena akan mengganggu pertunjukkan. Adakah yang mau berbaik hati memberikan pass wartawan? Jadi eke bisa moto adegan-adegan seru kalo ada pertunjukan teater o.o

Comments

Popular posts from this blog

Lenovo Yoga Book: Beli, enggak, beli, enggak