Dieng Part. 01: Sowan ke Tempat Dewa


Mie Ongklok
Kalau dewa-dewi mitologi Nordik tinggal di Asgard, maka dewa-dewi Indonesia tepatnya di Pulau Jawa bersemayam di Dieng. Buat ke Asgard, perjalanannya jauh banget -menilik dari film Thor, buat ke Asgard harus lewat jembatan pelangi-. Nah kalo ke Dieng, itu baru gampang. 


Tarif bis mikro
Meja sebelah sempet ngelempar wacana “yuk ke Dieng” seminggu sebelum hari H. Berhubung penasaran sama tempat yang satu itu + kayaknya seru kalo nambah temen, wacana “yuk ke Dieng” dilempar lagi via Twitter. Dari dua orang yang tertarik buat ke sana, ternyata dua-duanya nggak bisa kalo dadakan.

Dieng
Sinar Jaya: Jakarta - Wonosobo PP
Buat nyampe ke Dieng, peserta tur ngumpul di pool Bis Sinar Jaya, Ps. Minggu. Bayar Rp 70.000,- (di luar paket tur) penumpangnya dapet fasilitas AC dan tanpa toilet. Bis ini isinya bukan cuma peserta tur Greenventour, soale kita gak sebanyak jumlah kursi yang ada.
Detil candi
Awalnya sempet males juga naik bis beginian. Bayangan musik jedag-jedug Panturaan uda kebayang aja. Ternyata eh ternyata, musik yang diputerin tuh masuk kategori ramah di telinga. Mulai dari Queen sampe lagu Pop Indonesia. Entah yang ngerekam musik kompilasi lagi bingung ato mabuk laut, darat, dan udara, makin lama si playlist makin --__-- di tengah-tengah muncul ceramah keagamaan dalam bahasa Jawa dilanjutin musik barat, eh nyempil satu lagu Panturaan, kemudian lanjut pop Indonesia. Untungnya pas perjalanan pulang (Wonosobo – Jakarta) si playlist lebih ramah lagi, diisi lagu-lagu yang mudah diterima.
Detil candi
Untuk makan malam, bis akan berhenti di rest area sekitar jam 9 malam. Banyak berdoa kalo milih makanan karena tempat kayak gitu cuma Tuhan yang tahu rasa makanannya. Kalo males spekulasi pilih mie instan aja. Untuk perjalanan pulang (Wonosobo – Jakarta) mungkin karena macet, si bis baru berhenti untuk makan malam saat tengah malam (saur dong yak). Itu pun bukan di rest area melainkan di pertigaan jalan yang banyak pedagang mie instan, teh, dan kopi.
Atapnya mana?
Berhubung nggak ada toilet di dalam bis dan supir nggak rela berhenti seenak udel cuma demi penumpang beser, mendingan:
1. Jangan minum banyak-banyak.
Tertib pake helm
2. Kalo haus, minum seteguk aja.
3. Bawa permen untuk menghilangkan haus. Kalo eke sih sukanya permen Pagoda. Coba dites dulu sebelum perjalanan, permen mana yang pas buat ngilangin haus.
4. Kalo bis berhenti jangan sia-siakan, langsuuuung kabur ke toilet.

Wonosobo – Dieng
Wonosobo ternyata adem ya (maaf norak, baru tahu soale). Saking sejuknya jadi pengen kerja freelance dan tinggal di Wonosobo. Oke, balik ke cerita perjalanan. Dari Wonosobo ke Dieng peserta tur naik bis mikro carteran (sudah termasuk paket tur).

Catatan Kecil di Wonosobo
Meskipun hanya sekelibat, ada beberapa hal menarik dari Wonosobo.
- Biar jalannya kecil, tiap lampu merah yang dilewatin si bis mikro selalu ada counter buat ngitung berapa lama lagi lampunya ganti warna.
- Hawa sejuk.
- Mie ongklok. Mie dengan kuah kental (mirip capcai) yang rasanya manis. Mie disantap dengan sate.

Comments

Popular posts from this blog

Lenovo Yoga Book: Beli, enggak, beli, enggak