Singapore Trip versi MBADE (mbayar dhewe)

sambungan dari Singapore Trip versi Outing Kantor

Balik lagi ke mari, tapi bersama teman + ortu yang punya apartemen (sodaranya si temen ini). Kali ini nggak ke USS (thank God. Kalo bayar sendiri, mahal pisan atuh)…

Jalan Masjid di Singapura
Bingung cari masjid? Cari aja Mosque st. Sebelahan ama Mosque st. ada Temple st. and Church st. Kalo nggak salah inget, itu deket ama semacam China Town (nah agak bingung nih eke. Ini beda lho ama China Town yang trip pertama, kalo beda nama, namanya apa ya?). Di China Town yang deket Mosque st. ini, banyak toko yang jualan souvenir dkk. Karena menggoda, akhirnya beli deeeh.
Waktu ke Temple st. ada yang lagi nikah lho. Sayangnya gak berani masuk buat poto-poto, takut mengganggu jalannya acara. Tapi tetep sempet kok mengabadikan ornamen cantik di Temple st.

Gimana dengan masjidnya? Lumayan kok. Cukup bersih. Tapi suepiii. Beda ama masjid di deket Mustafa Dept. Store. Wajar sih ya, soale daerah Mustafa kan daerahnya komunitas India dan Arab. Nah, kalo yang di masjid daerah Mustafa, penampilan kita yang tidak serba tertutup cukup mengundang perhatian kaum adam yang lagi di masjid. Mungkin agak aneh bagi mereka melihat perempuan yang pakaiannya tidak alim tapi masuk dan shalat.

Hippo Tour
Naik kapal kecil menyusuri sungai juga masuk dalam list a million things to do before I die. Semoga suatu saat bisa menyusuri sungai naik gondola di Venesia. Amin. Amin. Amin.
Sebelum naik gondola menyusuri kanal-kanal di Venesia, eke latihan dulu naik kapal menyusuri sungai di sana. Sungainya bersih dan gak bau, jadi Hippo Tour itu bukan istilah buat tur menyusuri sungai cokelat lumpur kesukaan badak.
Enaknya sih, naik ni perahu pas sore atau malam hari. Selain mataharinya gak bikin kulit semakin well done, pemandangannya jauh lebih menyenangkan. Yah namanya juga Singapore the city of lights. Eh, itu julukan dari eke loh ya, bukan julukan resmi.
Harga tiket: SGD 15

Bugis Market
Nemu juga ni pasar. Ternyata eh ternyata, tepat di seberang Bugis Mall/ plaza. Tempatnya mengingatkan pada pasar Melawai jaman dulu (yang sekarang sudah digusur), tapi lebih bersih gak pake sampah dan becek. Enakan belanja pas siang. Kalo malem uda mau tutup, jadi buru-buru milih barangnya.

Merlion & Ngopi Pinggir Sungai
Merlion lagi, Merlion lagi. Karena sudah pernah ke sini, eke cuma sebentar lalu lanjut ngopi di Starbucks. Temen eke lanjut poto-poto bareng sodaranya itu. Huff akhirnya, sip a cup of coffee while looking at the river. What a soothing memory. Minum di pinggir sungai emang masuk dalam list a million things to do before I die. Sungai yang diinginkan tentunya sungai yang layak yak. Bukan yang bau dan kotor.
Harga kopi: sama dengan di Jakarta.

Song of the Sea
Suka pertunjukan teater musical? Kudu liat Song of the Sea. Tokoh-tokohnya campuran dari berbagai ras asia dan mereka nyanyiin lagu khas masing-masing ras tersebut, macam Bhinneka Tunggal Ika di kita aja.
Tema ceritanya sih sederhana, tentang seorang pria yang pengen ngebebasin dewi laut nan cantik dari cengkraman kejahatan. Boleh dibilang, tema ceritanya basi kuadrat.Tapi, efek yang dipake luar biasa! Kalo menurut tante Wiki, mereka pake giant water projection screen, bahasa buminya, layar proyeksi air raksasa. Ini nih yang bikin cahayanya seperti mengambang di udara. Gak cukup pake proyektor, ada juga pyrotechnics (kembang api), laser, water jets, api, animasi computer, music, dan penampilan “live” (lip sync). Gabungan itu tuh yang bikin penonton dari negeri sakura sibuk jerit-jerit sugooi alias kereeeen (not the lip sync part yak).
Buat nyampe ke panggung Song of the Sea, kita kudu ke Sentosa Island. Pilihan kendaraannya: bis, taksi, atau MRT nyambung naik mini mono rail. Kita pilih naik MRT nyambung naik mono railbuat nyobain gimana rasanya naik kendaraan membelah laut. Yesss mono rail-nya jalan di atas lautan. Temen eke yang takut ketinggian + air (dua musuh jadi satu, was a hellish trip for her) milih ngliatin bagian dalam mono rail dan bukannya liat pemandangan luar biasa di luar sana.
Btw, untuk naik si mono rail ini, kita kudu masuk mall yang jauh lebih bagus bangunannya dari yang di Orchard Road. So at last, decent mall.
Harga tiket: SGD 10 + SGD 3 (biaya masuk sentosa island, mirip ama biaya masuk ancol sebelum ke dufan-lah)

Lucky Plaza
Bangunannya mengingatkan pada Melawai Mall. Tapi jualannya agak mirip mangdu. Banyak barang-barang lucu dan murah. Di food court nya banyak beragam makanan dengan harga ya lumayanlah. Jangan heran kalo pas makan di sini bisa dengerin celotehan dan sayup-sayup suara dalam bahasa Indonesia bahkan daerah. Waktu itu eke milih makan chicken rice. Yum yum... Sementara temen eke milih nasi padang (yaaak. Hebat ya orang Padang. Sajiannya menembus mana-mana).

Jurong Bird Park
Untung di kita gak untung di bapak-bapak tour guide misterius yang sibuk menunggu those who supposed to be his guest, dia pegang 5 tiket dewasa yang sudah termasuk Panorail Ride (SGD 22 per orang dewasa). Karena tamunya tak kunjung datang, ditawarkanlah itu tiket ke kita dengan harga SGD 20 per tiket. Yo wes lah, diambil aja. Lumayan, hemat pangkal kaya.
Kebersihannya kurang lebih sama seperti Pusat Primata Schmutzer di Ragunan. Di sini isinya cuma ada burung (ya iya lahhh judulnya aja Bird Park *.*). Asiknya di JBP, ada Panorail Ride, semacam mono rail mini, kendaraan yang ngebawa kita muter-muter. Di dalem, kita bisa duduk sambil ngedengerin prerecorded tour guide. Hewannya bersih-bersih. Ngebuat eke berharap semoga Ragunan bisa diurus dengan lebih baik lagi dan ngalahin ni Jurong.
Harga tiket: SGD 22 (kalau gak minat naik Panorail Ride, cukup bayar SGD 18)

Murahnya Teh Tarik Paling Enak
Di Singapura, semua serba mahal euy. Es krim pinggir jalan aja sedolar. Es krimnya es potong pula! Air mineral botolan kemasan kecil, sedolar juga. Eits, sebelum komplen dan bilang sedolar itu murah, coba itung dulu sedolar tuh brapa? Pas eke ke sana, sedolar tuh 7000 perak.
Makanya, eke gak ngarep teh tarik harga 25 sen (ato 50 sen ya? Maap, lupita), bisa enak dan terkenang di lidah. Tehnya bisa dibeli di kantin masjid di deket-deket Lucky Plaza. Ada jajanan lain kayak samosa dan berbagai jajanan khas Arab. Gak perlu tergoda untuk beli meskipun porsi jajanannya besar yak! Gak enak. Paling enggak di lidah eke kurang cocok. Mahal pula!
Stick to tea tarik. Karena cuma ini yang yahud. Metode kantinnya self service. Jadi, layanilah dirimu sendiri, lalu bayar di bapak penjaga kantin. Haus dan pengen air putih dingin nan segar? Gak perlu beli. Di kantin masjid, lima langkah dari si konter teh tarik yahud, ada sebuah tempat yang tadinya eke kira buat cuci gelas. Hehehehe. Soale kirain gelasnya suru cuci sendiri juga. Untungnya curiga berat ngeliatin kok tempat cuci piring bersih banget. Airnya dingiin banget pula. Ternyata itu air gratis. Enak loh airnya.
Harga teh tarik yahud: 25 ato 50 sen. Lupa.


Transportasi selama di Singapura:
MRT: Pake ez-link, kartu prabayar. Kalo di sini mungkin mirip karcis langganan kereta atau kartu langganan si transjakarta.
Bedanya ez link dengan kartu/karcis langganan di sini, selain buat bayar ongkos MRT juga bisa buat bayar bis. Kayaknya bisa buat bayar taksi juga deh.
Kelebihan ez-Link dibandingkan refundable card (cek tulisan sebelumnya)adalah praktis dan kecepatan. Kita gak perlu sibuk di depan mesin buat nentuin dari mana ke mana. Langsung scan aja si ez link di pos awal dan akhir. Kekurangannya, ez-link itu ada biayanya SGD 5 yang gak bisa di-refund. Untungnya, si ez-link itu masa expired-nya adalah 5 tahun sesudah isi ulang. Buat yang terlanjur beli ez-link tapi gak minat ke Singapura, coba aja jual si ez-link ke temen yang mau ke Singapura. Kalau eke, buat jaga-jaga si ez-link tetep disimpen. Sapa tau aja perlu.

Bis: akhirnya naik bis juga di sana. Model bisnya mirip bis sumbangan dari Jepang.
Inget yak, naik dari depan. Turun di belakang. Metode naik turun ini sebenernya memudahkan dan mempercepat aliran naik turun. Gak ada ceritanya tuh, penumpang yang mau turun jadi kebawa ke halte tetangga gara-gara kedorong penumpang lain yang mau masuk. Kapan ya di sini bisa mulai kayak gini?
Bisnya gak ada kondektur, cuma ada supir. Bisa bayar pake cash, bisa juga pake ez-link. Kalo cash, taro di kotak di deket supir. Kalo pake ez-link, pas naik, scan si kartu di mesin deket pintu. Pas turun, scan si kartu ke mesin yang ada di pintu untuk turun.

Jalan: again and again. Walk!!

Total biaya perjalanan yang satu ini SGD 500-600. Mahal di biaya beli parfume Poison by Christian Dior.

Comments

Popular posts from this blog

Lenovo Yoga Book: Beli, enggak, beli, enggak